Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Tomat Pada Kebun Pekarangan Rumah


Cara Menanam Tomat  Pada Kebun Pekarangan Rumah

Tomat merupakan tanaman buah yang banyak ditanam, karena tomat dapat tumbuh di segala media mulai di lahan sawah, tegal, pekarangan, sampai pekarangan rumah yang terbatas. Budidaya tanam tomat bisa anda lakukan melalui biji dengan metode tanaman buah dalam pot.

Perlu anda ketahui cara membudidayakan tomat dengan cara yang benar dan tepat. Berikut ini adalah cara menanam tomat pada kebun pekarangan rumah.


Cara Menanam Tomat  Pada Kebun Pekarangan

1. Pelajari Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal

Tomat adalah tanaman yang membutuhkan kondisi lingkungan yang ideal untuk tumbuh kuat dan menghasilkan buah yang enak. Cara menaman tomat agar tetap tumbuh adalah, pastikan anda memberhatikan tahan yang akan anda gunakan untuk dijadikan lahan tanam, dalam kondisi baik atau tidak, karena hal ini sangat berpengaruh.

2. Pilih Jenis Tomat

Cara menaman tomat yauti anda juga harus memerhatikan jenis yomat, karena tomat memiliki jenis yang berbeda mulai dari warna, ukuran dan rasa. Terdapat dua jenis tanaman tomat yaitu :
-  Determinate, tumbuh tegak ke atas dan cepat berbuah, dan memiliki daur hidup yang singkat.
-  Indeterminate, tumbuh merambat dan mirip seperti tanaman anggur, dan memiliki daur hidup yang lebih lama.

Perlu anda ketahui bahwa warna pada tomat dapat mempengaruhi rasanya loh. Seperti, jenis tomat yang sering digunakan pada masakan adalah Tomat “Red Globe” atau “Beefsteak” memiliki rasa yang klasik. Tomat yang berwarna ungu atau coklat memiliki kaya rasa dan lebih hangat sedangkan tomat kuning dan jingga, rasanya lebih manis. Sedangkan untuk tomat berwarna hijau memiliki rasa yang sangat cocok bila dipadukan dengan masakan gurih.

3. Biji Sebagai Bibit

Anda bisa membelah tomat untuk mengabil bijinya lalu biarkan saja biji tomat pada udara yang terbuka selama 2 hingga 3 hari karena ni adalah proses fermentasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang tanaman saat tumbuh kembali.

Setelah itu cuci biji tomat yang akan ditaman hingga bersih dengan air segar, dan perhatikan pada biji yang mengapung pada saat proses pencucian karena biji tersebut yang buruk kualitasnya. Setelah itu anda bisa mengeringkanya lalu masukkan kedalam kantung pelastik dan masukkan kedalam kulkas hingga 1 minggu. Lalu bibit siap untuk di tebar


Demikian cara menanam tomat pada kebun pekarangan rumah. Semoga dapat menambah wawasan kita semua serta dapat membantu anda. (https://beauscraft.blogspot.com)