Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bencana Alam


Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bencana Alam

Banjir termasuk dalam bencana alam yang sangat merugikan masyarakat. Kita bisa mencegah terjadinya banjir dapat kita lakukan untuk dapat meminimalisir banjir yang terjadi. Pastikan kita semua mengetahui cara mencegah banjir sejak dini. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bencana alam.

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Bencana Alam

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Cara yang harus kita lakukan adalah membuang sampah pada tempatnya karena pendangkalan sungai adalah salah satu akibat dari banjir. Pada saat hujan air yang tertampung pada sungai akan mengakibatkan banjir, itulah yang membuat kita harus membuang sampah pada tempatnya.

Pembuangan sampah secara sembarangan dapat mengakibarkan aliran air terhambat dan menjadi penyebab banjir. Tumpukan sampah juga bisa membuat banyak masalah lainnya. Bukan hanya untuk mencegah banjir, namun lingkungan yang bersih pastinya akan lebih menyehatkan.

2. Membuat Saluran Air Bawah Tanah

Banjir adalah bencana alam yang bermasalah dalam pembuangan air, anda bisa mencegah terjadinya abjir dengan cara membuat saluran bawah air. Anda harus memastikan saluran air yang telah dibuat tidak boleh terhubung ke sungai mati atau sungai yang buntu, tujuan yanh benar seperti pada sungai yang memiliki aliran air yang lancar dan terhubung langsung ke laut.

3. Menanam Pohon Berbatang Besar

Cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah alam adalah menanam pohon yang berbatang besar. Pohon yang ditanam sebaiknya merupakan pohon yang dapat tumbuh besar agar peresapannya maksimal, karena pohon ini memiliki akar kuat dan mampu menciptakan rongga rongga tanah yang lebih baik. Hal ini tentunya dapat  berfungsi agar air dapat diserap dengan cepat oleh akar dan resapan air ke tanah dapat lebih optimal. Semakin banyak dan cepat peresapan air maka hujan yang deras pun tidak akan menjadi masalah

5. Mendirikan Konstruksi Pencegah Banjir

Tidak hanya soal saluran air yang baik namun juga anda dapat membuat bangunan kontruksi untuk pencegah banjir. Waduk adalah kontruksi yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai media pencegahan banjir, karenakan dapat menampung kubik air yang cukup banyak sebelum dialirkan ke laut. Sehingga air tidak sampai mengalir ke pemukiman penduduk yang menyebabkan banjir.

Demikian cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bencana alam. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.  (Beauscraft Blog)