Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enam Rukun Iman yang Harus Diketahui


enam rukun iman yang harus diketahui

Rukun iman adalah rukun yang terdiri dari enam poin yang didalamnya berupa perintah untuk mengimani keenam yang dipercaya dalam Islam. Berikut ini adalah enam rukun iman yang harus diketahui.

Enam Rukun Iman yang Harus Diketahui

1. Iman kepada Allah

Setiap umat muslim wajib baginya beriman kepada allah swt, sebagai suatu zat yang tiada tandingannya. Setiap muslim wajib percaya bahwa Allah SWT adalah penguasa alam semesta dan tidak ada duanya.  Setiap muslim juga harus percaya bahwa semua makhluk menyembah Allah, tak hanya manusia, melainkan juga hewan, tumbuhan, jin, hingga malaikat.

2. Iman kepada Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah beriman kepada malaikat, Allah SWT menciptakan malaikat untuk menjalankan tugas. Para malaikat ini bertugas untuk mengatur seisi alam semesta. Mereka sebagai pasukan allah yang memiliki tuganya masing masing yang diciptakan oleh allah dengan cahaya.

Beriman kepada malaikat tandanya kita harus mengimani dan percaya bahwa malaikat itu ada dan tidak seperti manusia, mereka tak memiliki nafsu, tak beranak, tak punya orang tua, dan tidak memiliki jenis kelamin.

3. Iman kepada Kitab

Rukun iman selanjutnya adalah beriman kepada kitab kitab allah. Dalam Islam, terdapat empat kitab suci yang wajib untuk diimani yaitu kitab Taurat yang diturunkan melalui nabi musa, kitab Zabur yang diturunkan melalui Nabi Daud, kitab Injil yang diturunkan melalui Nabi Isa, dan Al-Quran yang diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW.

Allah menyampaikan wahyu kepada rasul rasul allah melalui malaikat hingga wahyu tersebut menjadi sebuah kitab.

4. Iman kepada Nabi dan Rasul

Rukum iman yang keempat adalah beriman kepada nabi dan rosul, setiap muslim wajib baginya mempercayai nabi dan rosul. Didalam agama islam terdapat 25 nabi dan 5 rasul yang wajib untuk dipercayai keberadaanya.

5. Iman kepada Hari Akhir

Hari akhir adalah hari kiamat yang berarti hari pembalasan, setiap umat islam wajib mempercayai adanya hari kiamat. Didalam ajaran islam terdapat dua jenis kiamat yaitu kiamat besar dan kiamat kecil. Yang mana pada hari kiamat amalan setiap manusia akan ditimbang untuk menentukan apakah ia termasuk golongan yang masuk surga atau neraka.

6. Iman kepada Qadha dan Qadar

Dan trukum iman yang terakhir adalah beriman kepada qadha dan qadar. Setiap umat muslim wajib baginya percaya bahwa takdir manusia telah ditetapkan oleh allah swt. Qadha berarti ketetapan dan qadar berarti ketentuan atau kepastian.

Demikian enak rukun iman yang harus diketahui. Semoga dapat menambah wawasan kita semua tentang seputaran agama islam. (Halaman utama)