Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Mesin Potong Rumput yang Harus Diketahui


Jenis Jenis Mesin Potong Rumput yang Harus Diketahui

Pekarangan rumah yang indah pastinya merupakan idaman para semua orang, karena pemandangan yang indah merupakan dambaan semua orang karena dapat memberikan nuansa yang tenang dan terasa lebih rileks.

Rumput perlu dijaga keasriannya dengan melakukan pemangkasan yang dilakukan secara rutin, karena rumput yang tidak di pangkas nantinya akan menjulang tinggi dan menjadi semak belukar.

Dalam merawat rumput dan merapikanya, biasanya menggunakan sambit atau juga dengan gunting rumput. Namun dengan menggunakan mesin potong rumput segala pekerjaan anda akan terasa lebih cepat sehingga lebih menghemat waktu anda, dan juga membuat pekerjaan anda semakin lebih praktis sehingga sangat memuaskan.

Pastikan anda mengetahui jenis jenis mesin potong rumput, berikut ini adalah jenis jenis mesin potong rumput yang harus diketahui.

Jenis Jenis Mesin Potong Rumput yang Harus Diketahui

1. Mesin Potong Rumput Listrik

Mesin potong rumput listrik terbagi menjadi dua jenis yaitu mesin dengan instalasi listrik (kabel) dan dengan baterai (tanpa kabel). Mesin potong rumput ini lebih mudah bila digunakan karena ringan dan tidak ada getaran pada motor mesin.

2. Mesin Potong Rumput Gendong

Mesin potong rumput gendong adalah jenis mesin potong yang cara penggunaannya dengan cara digendong pada punggung seperti tas. Mesin jenis ini memiliki kelebihan dengan dapat memotong rumput pada halaman yang permukaan tanahnya tidak rata maupun bergelombang.

Jenis mesin ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan alat penyemprot hama. Ketika menggunakan mesin  ini sebaiknya dipakai dengan cara berjalan maju, bukan berjalan mundur. Hindari dari batu pada saat pengoperasian agar pisau pemotong rumput tidak cepat rusak.

Mesin potong rumput gendong memiliki jenis jenis pisau yang perlu diketahui, seperti berikut ini.
- Pisau potong rumput senar : dengan menggunakan senar akan lebih aman jika pisau mengenai batu atau kerikil. Karena batu atau kerikil tidak akan terlempar mengenai operator.
- Pisau palang : Biasanya digunakan untuk memotong rumput yang cukup besar seperti alang-alang, rumput gajah dan sebagainya.
- Pisau bulat bergigi 8 : Pada pisau jenis ini cocok digunakan untuk memotong semak belukar.
- Pisau bulat bergigi 80 : Pisau jenis ini digunakan untuk memotong dahan pohon.

3. Mesin Pemotong Rumput Dorong

Mesin potong rumput dorong merupakan mesin yang digunakan dengan cara didorong, sehingga membuat mesin jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada halaman maupun lapangan dengan permukaan tanah yang rata. Mesin jenis ini dapat memotong rumput hingga pinggir sesuai dengan jalur roda. Pada bagian tangkai pendorongnya bisa dilipat sehingga dapat memudahkan anda ketika mesin disimpan dan terdapat penampung rumput.

Ketika anda sedang menggunakan mesin rumput jenis ini sebaiknya digunakan dengan cara berkeliling memutar agar rumput yang terpotong dapat terkumpul ditengah tengah halaman dan mudah di buang. Ada juga jenis mesin potong rumput dorong tanpa bahan bakar atau Listrik (manual) wipro-mg3100-hand-push-reel-movwer-bag, cara kerjanya cukup dengan didorong saja dengan tenaga para penggunanya.

4. Mesin Potong Rumput Mobil

Mesin potong rumput jenis mobil adalah jenis yang sangat mudah dalam digunakan karena sama seperti mengendarai sebuah mobil. Pada bagian bawah mesin pemotong rumput jenis ini telah dilengkapi dengan mesin potong yang bekerja. Mesin jenis ini cocok digunakan pada area yang sangat luas seperti pada lapangan sepak bola dan lapangan golf.

Demikian jenis jenis mesin potong rumput yang prlu diketahui. Semoga dapat membantu anda dalam memilih mesin potong rumput yang tepat sesuai dengan kebutuhan.