Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lima Rukun Islam yang Wajib Diketahui

Lima Rukun Islam yang Wajib Diketahui


Belajar rukun islam adalah hal yang hukumnya wajib bagi setiap umat muslim, tak terkecuali bagi anak anak. Rukun islam adalah lima perilaku dasar dalam islam dan menjadi pondasi wajib bagi orang orang beriman serta menjadi dasar kehidupan umat muslim. Berikut ini adalah lima rukun islam yang wajib diketahui.

Lima Rukun Islam yang Wajib Diketahui

1. Mengucap dua kalimat syahadat

Mengucapkan dua kalimat syahadad adalah hal yang wajib untuk dilakukan bagi seseorang yang ingin menjadi muslim.
Kalimat syahadat dalam bahasa Arab:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Arti kalimat syahadat:

"Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".
Hanya Allah yang menguasai segala isi alam semesta.

2. Mendirikan shalat

Rukun islam yang kedua adalah mendirikan shalat, sebagais seoran muslim wajib baginya menjalankan ibadah shalat. Sholat dibagi menjadi lima waktu, dan setiap waktu shalat memiliki rakaat yang berbeda. Berikut ini adalah lima waktu sholat dan juga rakaat sholat.

- Salat Subuh, dikerjakan sebelum terbitnya fajar hingga terbitnya fajar dan dilakukan 2 rakaat
- Salat Dzuhur, dikerjakan pada siang hari pada saat matahari tepat diatas kepala dengan jumlah 4 rakaat.
- Salat Ashar, dikerjakan pada sore hari ketika matahari tergelincir sedikit kearah barat dengan jumlah 4 raka'at.
- Salat Maghrib, dikerjakan pada matahari terbenam sampai masuk waktu Isya dengan jumlah 3 raka'at.
- Salat Isya, dikerjakan pada malam hari pada saat cahaya merah dilangit menghilang dengan jumlah 4 raka'at.

3. Puasa

Setiap muslim wajib baginya menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan dengan tujuan semata mata mengharapkan ridho allah swt. Dari berpuasa umat muslim dapat belajar dengan mengambil himkah, melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati terhadap orang yang kelaparan sehingga terdorong hati kita untuk membantu orang yang kurang mampu dan juga menahan hawa nafsu.

4. Menunaikan zakat

Zakat adalah rukun islam yang keempat, zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim mengeluarkan harta yang bertujuan untuk memberikan sebagian harta kepada orang lain dan juga membersihkan harta milik kita.

Dalam Islam terdapa dua jenis zakat, yaitu:
- Zakat fitrah, yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan. Jumlah zakat fitrah yang wajib diserahkan adalah beras atau bisa diganti dengan uang yang setara dengan beras yang biasanya sebesar 2,5 kg.

- Zakat mal, yang dikeluarkan berdasarkan hasil niaga atau penghasilan. Jumlah zakat mal yang wajib diserahkan adalah 2,5% dari harta yang diperolah dari penghasilan.

Dengan berzakat pastinya anda bisa merasakan betapa indahnya saling tolong sesama bagi umat islam lain yang membutuhkan.

5. Haji bagi yang mampu

Allah berfirman dalam surat Ali-Imran: 97:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

"...mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS. Ali-Imran: 97)

Pergi haji bagi yang mampu. Wajib hukumnya bagi umat muslim yang mampu secara fisik dan finansial untuk pergi haji ke tanah suci mekkah.

Demikian lima rukun islam yang wajib diketahui. Semoga dapat menambah wawasan kita semua dalam mengetahui lima rukun islam.  (https://beauscraft.blogspot.com)